Memahami Fungsi Alexa Rank

Selasa, 15 Mei 2012

Alexa rank menurut beberapa sumber yang saya baca merupakan suatu sarana untuk memberikan nilai peringkat pada suatu blog/website. Jadi kalau diliat dari segi peringkat pasti setiap blog/website memiliki Alexa rank yang berbeda satu sama lainnya. Kenapa? namanya juga peringkat pasti tidak memungkinkan dua buah website atau lebih sama2 memiliki peringkat satu dalam Alexa rank. Untuk melihat perikat 1 - 500 pada Alexa rank silahkan CEK DISINI.

Lalu apa yang menjadi penilaian Alexa rank? Penilaian Alexa rank ditentukan berdasarkan jumlah pengunjung blog/website, jika suatu blog semakin ramai pengunjung maka semakin bagus pula Alexa rank nya. Alexa rank dikatakan naik jika nilai peringkatnya mengecil. Jadi semakin kecil Alexa rank pada suatu blog/website maka akan semakin bagus. Dari sini dapat kita simpulkan bahwa blog/website yang memiliki Alexa rank 1 juta lebih baik dari pada blog/website yang memiliki Alexa rank 19 juta.


Kegunaan Alexa Rank Pada Blog
Alexa rank pada suatu blog berguna jika kita ingin menjadikan blog sebagai penghasil uang (monetize blog). Kita ambil contoh saja, jika kita ingin mendaftarkan blog ke program publisher iklan pay-per-click (ppc) maka Alexa rank akan menjadi tolak ukur untuk setiap harga iklan yang kita pasang. Ketika saya mendaftar ke program ppc yang bernama ppcindo, maka untuk blog yang memiliki jumlah pengunjung yang semakin banyak dan memiliki Alexa rank yang semakin bagus maka harga iklan'nya juga akan semakin tinggi.

Bagaimana Cara Simple Menaikan Alexa Rank?
Cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya saja, mungkin masih banyak cara2 lain yang jauh lebih efektif dalam menaikan Alexa rank misalnya dengan promosi blog/website secara besar2an, rajin blog walking, promosi via forum, dll. Dan kuncinya adalah semakin blog/website banyak pengunjung maka semakin baik Alexa rank nya.

Namun ada cara yang simple dapat menaikan Alexa rank blog/website yang saya terapkan selama ini, yakni dengan cara:
1. Memasang Alexa widgets.
Widgets ini berfungsi untuk mengetahui update Alexa rank blog/website anda sekaligus dapat turut menaikan Alexa rank. KLIK DISINI untuk mendapatkan Alexa rank blog/website anda. Cara mendaftarkanya anda tinggal memasukan nama blog/website anda dan copy kode HTML didalamnya dan taruh di blog/website.

2. Menginstall Alexa toolbar pada browser.
Menurut saya, jika anda mengunjungi suatu blog/website menggunakan browser yang sudah terinstall Alexa toolbar akan turut juga mempercepat menaikan Alexa rank blog/website tersebut dari pada browser yang tidak terinstall Alexa toolbar dan apabila anda rajin melakukan update terhadap blog/website yang anda miliki setiap hari tentunya anda akan sering mengunjungi blog/website setiap harinya juga, maka toolbar ini seenggak2nya dapat membantu menaikan Alexa rank blog/website anda setiap anda kunjungi. Selain itu dengan toolbar ini anda juga dapat memantau Alexa rank terkini pada blog/website anda yang memungkinkan nilai peringkat blog/website pada Alexa toolbar dengan Alexa widgets dapat saja berbeda, karena untuk Alexa toolbar melakukan update rank setiap hari sedangkan untuk Alexa widgets melakukan update beberapa hari sekali. KLIK DISINI untuk mengistall Alexa toolbar.

Jika anda sudah menerapkan kedua cara diatas maka anda tinggal melakukan promosi blog/website anda ke blog yang ramai dikunjungi dan memiliki page rank tinggi/alexa rank yang bagus, promosi lewat forum, promosi lewat website iklan baris, rajin blogwalking, atau cara2 lain untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung...

Semoga artikel ini bermanfaat... :)

0 komentar:

Poskan Komentar