Pengalaman Hidup Seorang Mujahid asal Amerika di Abad ke-21 (Bag 3 Tamat)

Rabu, 30 Mei 2012

Berikut ini rangkaian artikel terakhir dari kisah Samir Z Khan di belantara jihad Yaman. Selamat membaca.

SAAT TERLUKA

Terluka merupakan hal yang biasa dan wajar dalam Jihad, baik luka ringan ataupun parah. Bahkan ada beberapa ikhwan yang telah turut berjihad selama bertahun-tahun, tapi belum pernah mengalami terluka sama sekali. Terkadang terluka tidak ada hubungannya dengan musuh; bisa dikarenakan terjatuh hingga terluka, digigit binatang, atau terluka akibat benda tajam. Maka bersabarlah bila terluka dalam jihad. Boleh jadi melalui ujian kepedihan tersebut, Allah akan mengambil jiwa anda dan menggantikannya dengan syahadah. Bila Allah belum mengambil jiwa anda, maka Allah berkehendak mengampuni semua dosa-dosa dan memberikan anda pahala yang besar. Ingatlah bahwa meski anda terluka bukan karena pertempuran, namun luka anda adalah luka akibat jihad. Pada kenyataannya, anda berada dalam Jihad 24 jam sehari dan 7 hari sepekan hingga anda wafat atau keluar dari medan Jihad. Jadi mengalami cedera atau terluka merupakan salah satu jalan kepada ampunan dan pahala dari Allah bila anda tetap bersabar, insya Allah.

Obati luka anda dengan baik dan jangan pernah membiarkan luka dalam keadaan terbuka sebab dapat menyebabkan infeksi dan dapat bertambah parah. Alhamdulillah, Mujahidin memiliki sejumlah ikhwan yang sangat terlatih dan berbakat dalam pengobatan medis dan perawatan luka. Jadi jangan kahwatir dan selalu yakinlah kepada Allah. Saya sarankan anda untuk membawa beberapa perban di saku anda, berikut perlengkapan lainnya yang anda anggap penting dan ringan.


KHIDMAH

Khidmah berarti pelayanan. Saat anda bersama Mujahidin di dalam markas, perhatikanlah bahwa setiap orang berusaha melakukan apapun untuk melayani saudaranya dalam lingkup besar ataupun kecil. Anda tidak akan pernah menemukan kerumunan orang yang bermalas-malasan atau menghabiskan waktunya tanpa manfaat. Justru mereka memanfaatkan waktunya semaksimal mungkin. Seperti misalnya, bila anda melihat botol minum kosong, jangan menunggu hingga seseorang meminta tolong pada anda untuk mengisinya; berdiri dan lakukan untuk mereka, dengan niat mencari ridho Allah. Jangan mencari penghargaan dari mereka, namun capailah ridho Allah. Anda akan temukan bahwa Mujahidin merupakan orang yang penuh pengorbanan; ketika saudaranya merasa haus, dia bukannya lebih dulu minum namun mempersilakan saudaranya yang haus untuk meminumnya. Saat semua orang sudah minum, barulah dia yang terakhir meminumnya. Hal ini adalah kondisi normal di antara Mujahidin. Masya Allah, ada seorang ikhwan yang kami sebut “Chai Man” sebab beliau senantiasa menawarkan kami Chai meskipun beliau sedang berpuasa. Chai buatannya sangat enak. Para ikhwan lainnya bahkan tidak pernah memintanya, namun para ikhwan senantiasa tanpa disengaja mendapati Chai telah siap dan gelas-gelas dalam keadaan bersih. Beliau senantiasa dengan senang hati melayani saudaranya sesama Mujahidin dengan tulus.

Jangan pernah berfikir sekejap pun bahwa anda orang asing atau tamu dari Mujahidin, sehingga membatasi diri untuk membantu sesama ikhwan. Anda sebaiknya bersikap untuk selalu menawarkan diri untuk membantu mereka, baik dalam mempersiapkan makanan, minuman, menggali, membersihkan, memperbaiki sesuatu dan sebagainya.


Kamp Pelatihan

Kamp pelatihan di Al Qaidah tidak ada yang mudah, bahkan bagi yang telah berpengalaman sekalipun, sebab membutuhkan setangki penuh kesabaran dan stamina. Di Al Qaidah, kami tidak peduli akan ukuran otot, kecepatan lari, kekuatan lengan dan lainnya; hal-hal semacam ini bisa dilatih. Namun kami memberikan fokus khusus pada bagaimana mengalahkan musuh dalam kesabaran dan jangka panjang. Jadi bukan tergantung pada siapa yang paling cepat larinya, tetapi siapa yang sanggup berlari pelan selama berkilo-kilometer lengkap dengan segala perlengkapan. Bukan tergantung pada siapa yang paling cepat menghafal pengajaran militer, tetapi siapa yang bisa memahaminya dengan benar dan memberikan kemungkinan-kemungkinan solusi yang lebih baik.

Jihad masa kini sangat membutuhkan kecerdasan, kesabaran, stamina, dan iman serta keyakinan yang kuat kepada Allah. Ini bukan sekedar menyerbu ke markas musuh dan menguasainya, tetapi lebih kepada apa yang bisa dilakukan untuk jangka panjang dan membangunnya. Instruktur kami berusaha melatih teknik dan strategi yang paling benar dan penuh manfaat, serta membentuk pejuang menjadi manusia yang kuat dan tahan uji.

Latihan fisik terdiri atas push-up, sit-up, dan latihan gerakan dasar lainnya setiap hari. Ada pula berbagai latihan aral rintang yang unik dan berbeda-beda yang dirancang Mujahidin untuk mendalami bagaimana keadaan yang paling mendekati seperti kondisi saat operasi berlangsung. Lalu ada pelatihan khusus untuk membangun kekuatan alami dalam tubuh. Contohnya, di Kamp Pelatihan Al-Farooq di Afghanistan, para pelatih menyuruh Mujahidin berjalan dengan kaki telanjang ke pegunungan, melatih kaki untuk melangkah pada tongkat, semak berduri, lumpur, bahkan batu karang yang tajam. Banyak Mujahidin yang kembali dengan kaki berdarah-darah. Semua ini bertujuan untuk membentuk kekuatan alami pada kaki mereka, melatihnya keras dan kuat, sebab ada beberapa situasi dimana Mujahid membebaskan diri dari penjara dan tidak ada sepatu untuk berlari; atau kondisi dimana mereka kehilangan sepatu di suatu tempat dan mengharuskan berjalan kaki di daerah pegunungan.

Para pelatih juga menjelaskan perang gerilya; bagaimana sejarah dan pentingnya perang gerilya, strategi dan lain-lain yang diambil baik dari buku-buku Jihadi maupun karya non-Jihadi. Singkatnya, persiapkan kondisi terburuk, namun berharaplah yang terbaik.


Membawa Keluarga

Bila anda ingin membawa serta keluarga anda dalam Jihad, bisa atau tidaknya tergantung pada kondisi logistik Mujahidin. Misalnya di Yaman, hampir mustahil untuk membawa keluarga tinggal di lingkungan Mujahidin. Di wilayah lain, mungkin hal ini tidak masalah. Bila anda telah mengetahui bahwa kondisinya sulit untuk membawa keluarga, maka anda bisa menempatkan keluarga anda di kota besar terdekat yang aman dan dalam perlindungan kerabat. Anda tidak boleh mengambil resiko bila keluarga anda tertangkap oleh para murtadin dan menyaksikan mereka disiksa atau diperkosa untuk memaksa anda membocorkan informasi mengenai anda ataupun Mujahidin.


POLITIK DALAM NEGERI

Anda musti memperhatikan mengenai keadaan buruk dari kondisi politik dalam negeri yang akan anda tuju. Disamping itu, anda harus waspada dengan tekanan ataupun penindasan dari pemerintah atau tekanan luar di masyarakat, anda harus berhati-hati dengan segala bentuk tujuan, aktifitas dan gerakan mereka. Di Yaman misalnya, kami bertempur dengan Syiah Houti dan pemerintah Saudi di wilayah Utara, dan dengan sekte komunis Hirak di wilayah Selatan. Anda juga harus pandai bersikap bijak untuk menghindari kecurigaan masyarakat awam. Semua kebiasaan masyarakat setempat bisa anda mengerti bila anda rajin mengikuti dan memperhatikan perkembangan berita media di negara tersebut.


Pemerintah Saudi dan Yaman Menggunakan JIN untuk Menyerang Mujahidin

Sebelum saya turut berjihad, saya tahu betul akan pentingnya dzikir pagi dan petang namun tidak yang berkaitan denga pengalaman. Di hari pertama saya bertemu mujahidin, sebelum matahari tenggelam, seorang mujahid mengingatkan aku untuk melakukan dzikir petang, lalu dia menjelaskan pemerintahan Arab Saudi yang kufur memiliki beberapa utusan yang bekerja sama dengan jin jahat untuk memata-matai dan memberitahukan posisi Mujahidin. Saya sangat terkejut dan sulit mempercayainya. Kemudian Mujahidin lainnya mengkonfirmasi hal yang sama, termasuk beberapa shuyukh, fenomena yang sama yang dilakukan oleh pemerintah Yaman yang kufur. Mereka menggunakan sihir untuk bertempur melawan Mujahidin. Namun bagaimanapun, Allah Maha Kuasa, ada banyak jin sholih yang melindungi dan membantu Mujahidin. Ini berkaitan dengan alam ghaib yang tidak terlihat, dan Allah lebih mengetahui hal yang ghaib.

Oleh karena itu, anda harus menghafal dan secara rutin mengerjakan dzikir pagi dan petang setiap hari, tidak boleh ada alasan untuk meninggalkannya barang sehari pun. Anda harus mengerjakannya untuk melindungi diri anda dari syetan dan jin jahat yang bekerja sama dengan para syetan di antara manusia.


Selesai sudah penjelasan ringkas mengenai harapan dan segala yang anda harapkan selama berjihad. Barangkali ada beberapa hal yang tertinggal baik sengaja maupun tidak; untuk hal-hal yang sengaja kami hindari penjelasannya supaya tidak diketahui oleh para musuh. Saya tidak menulis panduan ini untuk menakuti para pembaca atau membuat mereka berpikir dua kali sebelum turun ke medan Jihad; namun tujuan saya supaya mereka lebih matang dalam mempersiapkan diri menghadapi realita di medan Jihad sehingga mereka tidak melakukan dosa besar dengan meninggalkan Jihad bila datang panggilan Jihad dari Allah. Dan sekarang anda tahu apa yang anda harapkan di lapangan, anda bisa membandingkan dengan melakukan Jihad di Barat, menimbang pro dan kontranya, lalu membuat keputusan terbaik untuk diri anda dalam Jihad fii sabilillah.

Sumber: MuslimDaily

0 komentar:

Poskan Komentar