Media Massa Cina Klaim Filipina Bagian dari Kedaulatan RRC

Jumat, 18 Mei 2012

REPUBLIKA.CO.ID,  BEIJING - Filipina merupakan bagian dari wilayah Cina. Demikian klaim Stasiun Berita Televisi Cina (CCTV) dalam sebuah siaran Senin (7/5) malam.
Dalam siaran itu, presenter televisi tersebut mengatakan pulau-pulau Huangyang, atau yang diklaim Filipina dengan nama Shoal Scarborough adalah wilayah Cina. "Kita tahu, filipina adalah wilayah yang merupakan bagian dari Cina. Filipina milik kedaulatan Cina. Hal ini fakta yang tidak terbantahkan," kata presenter itu seperti dikutip dari telegraph.co.uk, Rabu (9/5).
Sayang, video rekaman itu sudah dihilangkan. Namun dapat ditemukan dalam sejumlah laman. "Seorang patriot yang baik, ia telah mengumumkan kepada dunia bahwa Filipina milik Cina," kata blogger bernama Helenjhuang.
Blogger lain, Kongdehua mengatakan Filipina pada dasarnya telah membuat masalah. Mereka seolah ingin adanya peperangan. "Sekali orang Cina meludah, Filipina bisa tenggelam," ketus dia.
Pejabat CCTV menolak komentar terkait dengan masalah itu. Mereka juga belum berniat untuk menyatakan permintaan maaf terkait insiden tersebut.
Seperti diberitakan Cina dan Filipina terlibat dalam sengketa status kepulauan Spratly. Tak hanya kedua negara, pulau yang konon kaya minyak tersebut diklaim pula oleh Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

0 komentar:

Poskan Komentar