Peta Dunia Islam Abad Pertengahan

Kamis, 05 April 2012

Di tengah peta adalah dua kota suci Islam: Mekah dan Madinah. Peta ini menunjukkan Cina dan India di utara dan "sekte Kristen dan negara Byzantium" di selatan. Lingkaran luar mewakili laut. Naskah merupakan kosmologi, tidak dimaksudkan untuk menjadi akurat secara geografis, tapi hanya untuk menyajikan pembaca dengan gambaran sistematis dari pengetahuan yang ada tentang dunia pada saat itu.

 Peta Dunia Islam Abad Pertengahan


Gambar ini dibuat oleh ‘Umar bin Muzaffar Ibn al-Wardi. Dipublikasikan dalam Kharidat al-'Aja'ib wa Faridat al-Ghara'ib. (The Pearl of Wonders and the Uniqueness of Things Strange). Akhir Abad 17. Pada tengah2 peta terdapat dua kota suci Islam: Mekah dan Medinah. Peta ini menunjukkan Cina dan India diutara dan “sekte Kristen dan negeri Byzantium” diselatan. Dilingkaran luar menampilkan laut2. Manuskrip ini adalah sebuah kosmology, tidak berarti akurat secara geografik, tapi hanya menunjukkan pada pembaca pandangan sistematik akan pengetahuan yg ada tentang dunia pada saat itu.

Ini merupakan risalah geografis dan kumpulan cerita menakjubkan yang sangat populer di abad pertengahan dan awal masyarakat Islam modern. Peta ditampilkan di sini adalah tidak biasa dalam penggambaran beberapa makhluk mendukung dunia dalam cakrawala. Meskipun menggunakan proyeksi Islam tradisional dunia sebagai disk datar dikelilingi oleh laut sundering yang tertahan oleh pegunungan mengelilingi dari Qaaf, peta juga menunjukkan penggunaan awal Dinasti Utsmani 'informasi geografi berdasarkan metodologi kartografi Eropa dan eksplorasi.

Menurut kosmologi islam, bumi, yg kelihatan dalam gambar seperti sebuah piringan/cakram dikelilingi oleh laut pemisah yg ditahan oleh Pegunungan yg memutarinya (Qaf). Dan semuanya ini disangga pada punggung (kadang pada tanduk) seekor lembu yg berdiri diatas seekor ikan yg mana ikan tsb diletakan diatas mangkuk dan keseluruhannya itu dibawa dalam pundak seekor malaikat. Gambar ini adalah reproduksi dari peta geografis Arab pada abad pertengahan Ajaib al-Makhluqat (keajaiban penciptaan) oleh seorang Persia Zakariya Qazwini (meninggal tahun 1283).

0 komentar:

Poskan Komentar